Minggu, 08 November 2015



Khasiat tanaman obat kumis kucing


Siapa yang tidak tahu dengan tanaman Kumis Kucing ini.Tanaman yang berbentuk seperti kumis kucing ini memiliki banyak manfaat.Manfaat dari tumbuhan ini bermacam-macam seperti mengobati penyakit batu,dan radang ginjal,sakit pinggang rematik,nyeri buang airseni.

Daun kumis kucing mengandung glikosida arthosiphonin yang berkhasiat melarutkan asam urat, fosfat dan oksalat dari tubuh.

Kumis kucing atau dalam bahasa latinnya Orthosiphon Spicatus BBS, bentuknya semak, batangnya basah, tingginya bisa mencapai satu setengah meter diatas permukaan laut. Tanaman ini memiliki sejumlah khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman obat ini juga mengandung glikosida orthosiphonin  yang berkhasiat untuk melarutkan asam urat,fosfat dan oksalatdari tubuh.

Bunga tanaman kumis kucing merupakan bunga majemuk dalam tandan yang keluar di ujung percabangan.herbal tanaman ini rasanya manis namun sedikit pahit. Herball kumis kucing ini dapat diggunakan untuk  mengobati sejumlah penyakit yaitu infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, tekanan darah tinggi, kecing manis, kencing batu serta infeksi kandung kencing.

1.    Infeksi  ginjal dan hipertensi
Caranya adalah cucilah 30 gram tanaman obatl segar kumis kucing,herbal daun sendok dan rumput lidah ular.Rebus semua dalam 3 gelas hingga tersisa 1 gelas.Setelah dingin,saring airnya lalu minum setengah gelas dua kali sehari.

2.    Mempelancar pegeluaran air kemih
Caranya adalah kumis kucing 30 gram,akar alang-alang 30 gram,meniran 30 gram.Semua cuci hingga bersih,kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Tunggu hingga airnya sampai mendidih ,sampai airnya tersisa sekitar 1.5 gelas air. Kemudian ramuan tersebut diminum setengah gelas tiga kali sehari.

3.    Nyeri buang air seni
Caranya ke -1 adalah seduh dan minum sejumput daun kumis kucing yang dikeringkan seperti teh ,boleh diberi gula aren.Cara ke-2 adalah 1 sendok daun kumis kucing yang dilumatkan,7 batang meniran,rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengah.Minum tiga kali sehari.

4.    Batu ginjal
Caranya ke-1 adalah 25 g daun kumis kucing, 25 g daun ngokilo, 25 daun meniran dengan akarnya, 25 g daun keci beling,dicuci.Rebuslah dengan 4 gelas air hingga mendidih.Minum semua air rebusan tersebut dalam satu hari.Cara  ke-2 adalah 3 genggam daun kumis kucing,5 helai daun keci beling dicuci,rebus dengan 2 gelas air. Minum airnya dua kali sehari,pagi dan sore selama 10 hari.Setelah 10 hari,gantilah dengan air rebusan jagung muda, satu kali sehari. Hindari mengonsumsi daging kambing makan buah durian dan makanan pedas.

5.    Rematik
Caranya adalah satu sendok kecil daun kumis kucing yang dilumatkan,1 sendok makan daun meniran yang sudah dilumatkan,Rebus dengan segelas air hingga tersisa3/4.Saring.lalu diminum.

6.    Sakit pinggang
Caranya adalah 7 helai daun dan 2 potong akar kumis kucing tersebut dicuci terlebih dahulu. Direbus dengan 1 gelas air.Tunggu hingga malam,lalu di minum.

7.    Radang ginjal
Caranya 40 helai bunga dan daun kumis kucing,3 belimbing wuluh tua dicuci,haluskan.Rebus dengan 2 gelas air. Diminum tiga kali seharidalam waktu 1 minggu

8.    Masuk angin
Caranya adalah 1 sendok daun kumis kucing dan rebus dengan segelas air hingga setengah.minum sekaligus.

9.    Demam
Caranya adalah 100 akar kumis kucing dicuci,direbus dengan 3 gelas air. Kemudian  setelah mendidih, saringah ramuan tersebut, dan ambil airnya.Minum air rebusan tersebut 1 gelas sehari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar