Minggu, 08 November 2015



Cara mengobati penyakit asam urat dengan tanaman obat


Asam urat merupakan salah satu penyakit rematik yg sudah dikenal manusia sejak abad 5 SM, Memang penyakit ini tidak mematikan seperti halnya kanker, akan tetapi dikarenakan sifatnya mudah kambuh & dapat memunculkan nyeri yang sangat sakit, sehingga penyakit ini termasuk penyakit yang sangat mengganggu bagi  penderitanya. 

Sebetulnya badan kita memproduksi asam urat dalam badan, sebagai hasil sampingan metabolisme.  purin, & asam urat yg terbentuk dalam darah, bakal dibuang lewat urin, maka dalam keadaan normal, asam urat sanggup akan keluar bersama urin ataupun darah. Tapi apabila berlebihan, maka badan akan kesusahan mengatur sistem pembuangannya, lama kelamaan kristal-kristal asam urat menumpuk di dalam persendian, & keadaan inilah yg dinamakan juga sebagai gouty arthritis, atau kendala asam urat. Dikarenakan wujud kristalnya yg tajam-tajam seperti jarum, sehingga penumpukan kristal-kristal asam urat amat sering memunculkan rasa nyeri yang sakit sekali di sendi. 
Berikut ini gejala asam urat : 

1.       Sendi akan terasa nyeri linu, kesemutan, ngilu, sampai bisa juga bengkak & berwarna kemerahan (meradang)
2.       Biasanya di persendian terasa nyeri disaat pagi hari (baru bangun tidur) atau tengah malam hari.
3.       Terasa nyeri kepada sendi berlangsung berulang-ulang kali.
4.       Biasanya yang terasa sakit dibagian  sendi jari kaki, dengkul, tumit , jari tangan, ,pergelangan tangan dan juga siku.
5.       Pada kejadian kasus yg parah, persendian akan terasa sakit sekali apabila digerakkan

Untuk mengetahui lebih dini, penderita mesti cepat melaksanakan pemeriksaan di laboratorium. Buat kadar asam urat normal untuk laki-laki berkisar 3,5 sampai 7 mg/dl sedangkan untuk perempuan  dari 2,6 sampai 6 mg/dl. 
Pantangan bagi penderita asam urat : 

1.       Jeroan : paru, ginjal, limpa, usus, hati, babat dan otak.
2.       Seafood :cumi-cumi, kerang, remis, sotong, , tiram, kepiting, ikan teri, udang dan ikan sarden.
3.       Ekstrak daging seperti pada abon & dendeng.
4.       Makanan yg telah dikalengkan seperti : sarden atau kornet sapi.
5.       Daging kambing, daging kudadaging sapi,
6.       angsa, bebek, dan kalkun.
7.       Kacang-kacangan : kacang kedelai (seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), tauge, kacang hijau  melinjo, emping, dan juga kacang tanah
8.       Sayuran : kembang kol, bayam, daun singkong, daun pepaya, asparagus, buncis, jamur kuping,dan kangkung.
9.       Keju, telur, es krim, krim, , kaldu atau kuah daging yg kental.
10.   Buah-buahan tertentu seperti buah durian, nanas atau bisa juga air kelapa.
11.   Makanan yg digoreng atau bersantan atau dimasak dgn memanfaatkan margarin/mentega.
12.   Makanan tajir protein & lemak.
Perbanyak mengkonsumsi : 

1.       Buah-buahan, seperti buah jeruk, melon atau apel
2.       Sayuran hijau, wortel, tomat.
3.       Air mineral : mengonsumsi setidaknya 2 liter perhari buat meluruhkan kadar asam urat.
4.       Sumber karbohidrat yg lebih kompleks seperti kentang & beras merah
5.       Makanan mengandung gandum
6.       Susu & yoghurt rendah lemak atau tidak dengan lemak mengandung kadar purin yg rendah & protein yg tinggi.
Sebagian para penderita asam urat memiliki penyakit yang lain seperti hipertensi atau  penyakit ginjal. Tapi mengenai kegemukan (obesitas) tidak jarang juga dijumpai pada penderita asam urat. Seumpama penyakit asam urat ini tidak langsung di obati maka akan berkembang jadi penyakit batu ginjal & hasilnya dapat mengakibatkan tidak berfungsinya 

Ada beberapa macam tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit asam urat ini. antara lain : 

1. Tanaman obat Kumis Kucing (orthosiphon aristatus) 
 



Kumis Kucing merupakan salah satu tanaman obat yang bisa digunakan sebagai  bahan obat tradisional asam urat. Tidak Hanya itu, Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus) bisa juga berfungsi untuk menanggulangi beragam penyakit. Cara yang paling gampang paling untuk mengenali tanaman ini kalau kita melihat bunga tanaman ini akan nampak seperti kumis binatang kucing  walau sedikit agak rimbun dan tebal. 
Tanaman ini berasal dari wilayah Afrika tropis, selanjutnya tersebar ke wilayah Asia termasuk juga Indonesia & ke selatan ke Australia. Kumis Kucing biasa tumbuh di bawah sinar matahari penuh, nauangan atap atau tumbuhan lain yg lebih besar. 
Beberapa daun Kumis Kucing ada yang berbentuk bundar tapi ada juga yang berbentuk lojong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yg dimulai dari pangkalnya. Daunnya berukuran panjang antara 1 sampai 10 Centi Meter dgn lebar antara,75 sampai 1,5 Senti Meter.Sbg bahan obat, daun yg dipilih umumnya sesudah ke3 dari pucuk sampai dau ketujuh. Sebab kepada urutan tersebut seluruhnya zat yg dipakai sudah terbentuk.

Cara meramu tanaman obat kumis kucing ini sebagai obat untuk penyakit asam urat sebagai berikut.

1.       10 gram daun Kumis Kucing yg sudah dikeringkan atau 20 gram daun yg tetap basah (baru dipetik) yg dicuci bersih.
2.       Siapkan 10 gram Meniran keringatau bisa juga 20 gram basah, 10 gram Sawi Tanah kering atau 20 gram dalam bentuk  basah, 15 gram Jahe Merah kering atau 30 gram dalam bentuk basah, dan juga 10 gram Kapulaga kering.
3.       Memarkan Jahe Merah & campurkan dgn seluruh bahan, rebus dalam satu liter air sampai tersisa setengahnya.
4.       Minum pagi, siang & sore hri bersama ukuran tiga per empat gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml
2. Tanaman obat Daun Salam 
Tidak Hanya dipakai sebagai obat tradisional penurun kadar asam urat dalam darah, Daun Salam dikenal juga sebagai pelengkap bumbu masakan di beberapa negara di Asia Tenggara. Kebanyakan daun diperlukan dalam kondisi kering dengan dimasukkan ke dalam masakan.
Obat Asam Urat Tradisional Daun Salam
Kandungan kimia yg dikandung tumbuhan ini yakni saponin, flavonoida, alkaloida, polifenol & tanin. Bagian pohon yg dapat difungsikan obat seperti pada daun, kulit batang, akar, dan buah.
Daun Salam merupakan daun tunggal yg terletak berhadapan, bersama tangkai sampai 12 mili meter. Helai daun berbentuk lanset, 5-16 x 2,5–7 centimeter, dgn 6-11 urat daun sekunder, & sejalur urat daun intramarginal terlihat terang di bagian tepi daunnya, berbintik kelenjar minyak yg amat halus. Dalam daun salam kering terdapat lebih kurang nol,17% minyak esensial, dgn komponen eugenol & methyl chavicol.

Meramu Daun Salam jadi Obat Asam Urat 

1.       Rebus 10 sampai 15 lembar daun salam segar atau yang sudah dalam keadaan kering  bersama 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas,
2.       minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
3.       Tanaman obat Sambiloto

Daun Sambiloto (Adrogramaphis panniculata) merupakan tanaman obat asam urat tradisional Nusantara, walaupun berasal dari India & tersebar ke Thailand, semenanjung Malaya & akhinya pun ditemukan di Jawa. Daun & batang Sambiloto yg pahit ini bisa tumbuh terhadap ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini sering tumbuh liar di kebun atau pekarangan rumah, kadang juga tumbuh di tempat-tempat terbuka seperti ladang, di pinggir jalan atau di tanah-tanah yg kosong.

Sambiloto dapat tumbuh hingga setinggi 90 centi meter. Batangnya berbentuk sisi empat & mempunyai cabang tidak sedikit. Bunganya berwarna putih atau ungu, tersusun berupa tandan yg tumbuh terhadap ujung-ujung tangkai & konsisten berbunga sepanjang th. Sedangkan buahnya berbentuk memanjang hingga kira kira 1,5 senti meter dgn lebar nol,5 senti meter di pangkal & ujung buah meruncing. Buah Sambiloto yg telah matang berwarna hitam & dapat pecah jadi empat keping.
Kandungan yg dipunyai tanaman obat Sambiloto dapat berfungsi untuk mencegah pembentukan radang, bisa menurunkan panas tubuh (antipiretik), bisa memperlancar air seni (diuretik), obat sakit perut, kencing manis, & penawar racun. Sedangkan kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah. Dikarenakan itu, utk mereka bersama tekanan darah rendah, disarankan konsumsi awal dosis ringan, seandainya tetap bereaksi pusing sebaiknya tukar bersama obat tradisional yang lain.

Percobaan farmakologi yg sempat dilakukan menunjukkan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% bersama takaran nol.3 ml/kg berat tubuh bakal memberikan penurunan kadar gula darah yg sebanding bersama pemberian suspensi glibenclamid. Daun Sambiloto serta diakui mampu digunakan sebagai  obat penyakit tifus dengan cara merebus 10-15 lembar daun hingga mendidih, sesudah didinginkan air rebusan tersebut akan diminum juga sebagai obat.

Ramuan Obat Asam Urat Tradisional Sambiloto utk mengurangi peradangan 

1.       Sediakan 10 gram tanaman obat Sambiloto yang sudah kering, 10 gram rimpang temulawak yang sudah kering, 10 gram daun Komfrey yang juga sudah kering & 1 gram lada.
2.       Setelah seluruh bahan dicuci bersih, rebus dgn 5 gelas air. Didihkan sampai jadi 3 gelas dulu dinginkan.
3.       Setelah disaring, air rebusan tersebut diminum 3 kali sehari masing-masing satu gelas.
3. Meniran 
Kepada tanaman obat ini diakui yang merupakan obat penambah daya tahan badan. & karakter deureti yg ada kepada tanaman obat ini yg bisa mengobati asam urat. 
4.    Tanaman obat Anting-anting 
Maupun tanaman obat yg lebih dikenal dgn nama Akar Kucingan/ Rumput Kokosan. Tanaman obat ini bisa digunakan juga sebagai anti radang, pembersih hati, penambah nafsu makan, & lain-lain. Terhadap tanaman obat ini serta mempunyai karakter deuretik, maka sanggup meringankan dalam penyembuhan asam urat. 
Demikianlah sekian banyak tanaman obat asam urat, yg bis






Tidak ada komentar:

Posting Komentar